Jangan Hanya Memanfaatkan Hutan, Tapi Jaga Juga Hutannya

Posted by

Oleh Echi Zou

Kalo bicara soal lingkungan dan sampah nggak ada habisnya ya, lingkungan yang hijau dan asri akan hilang dan lenyap oleh sampah yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Percaya nggak kalo kalian pergi keluar rumah sehari tanpa membawa air minum dengan botol pribadi saja kemungkinan dalam satu hari kalain dapat membeli air minum kemasan bisa sampai 4-5 kali. Dan dari satu orang saja sudah menghasilkan sampah botol pelastik sebanyak 5 buah, lalu bagai mana jika dikalihkan jumlah penduduk indonesia.

Lalu bagai mana agar kita dapat berdampingan hidup dengan alam, tanpa kita tidak merusaknya tapi juga dapat hasil dari alam itu sendiri. Pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga alam itu sendiri dengan cara meminimalis menciptakan sampah, seperti contoh diatas kita bisa kok membawa tempat makan atau minum sendiri agar sampah dari limbah kemasan makanan siap saji dapat berkurang.

Walaupun ini bukan Hutanku Indonesia, tapi dari sini aku sudah merasa damai dengan hamparan warna hijau

Tahu kah kalian kita dapat memanfaatkan hasil alam dan mendapatkan uang dari sana tanpa harus merusak hutan atau alam itu sendiri, hutan sendiri merupakan kawasan yang banyak ditumbuhi oleh tanaman dan pepohonan lebat. Pada dasarnya hutan adalah sebagai menyerap karbon dioksida, penghasil oksigen, juga sebagai habitat flora dan fauna.

Udara terasa segar karena oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan yang ada di dalam hutan melalui proses fotosintesis. Pepohonan di hutan pun mengeluarkan uap air sehingga kelembapan udara tetap terjaga. Disamping itu, pepohonan di dalam hutan juga menyerap karbondioksida yang berbahaya apabila dihirup secara berlebih oleh manusia. Karbondioksida berasal dari berbagai aktivitas manusia seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik, proses pernafasan manusia, dan asap hasil kegiatan rumah tangga.

Hutan menyediakan hasil hutan berupa kayu yang bermanfaat untuk bahan bagunan, bahan bakar, dll. Hutan juga menyediakan hasil hutan bukan kayu seperti buah, biji, pandan, rotan, damar dan madu. Hasil hutan bukan kayu ini biasa dipungut untuk dimanfaatkan langsung oleh masyarakat setempat ataupun untuk diperjualbelikan.

Para Narasumber : * Dr. Atiek Widjayati * Ir. Murni titi Resdiana * Dr.Sri mariati * Dr. Amanda katili Niode

ShareShareTweet

Share this:

Related

Sustainability Day With Unilever Indonesia21 December 2017In “CelotehanEchi”

Go!Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi, The New Lifestyle Gateway10 November 2018In “Jalan-Jajan”

Gerakan Nasional Revolusi Mental #ayoberubah20178 August 2017In “CelotehanEchi”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *