Kumpul Blogger Bicara Pelestarian Hutan

Posted by

Oleh : Wijayakusumah (Om Jay)

Dalam wa group blogger bekasi,  mas amril mengumumkan adanya acara kumpul blogger.  Tentu saja saya senang karena bertemu dengan kawan kawan blogger akan menambah semangat menulis di blog.

Acara yang bertajuk keren forest talk with blogger ini tentu saja bayak diminati kawan kawan blogger yang ingin tahu tentang perubahan iklim dan pelestarian hutan.

Malam ini saya terbangun dari mimpi. Kemudian pergi ke kamar mandi untuk ambil air wudhu.  Sholat tahajud menjadi kegiatan rutin keluarga kami.

Usai sholat tahajud saya buka wa grup.  Ada video  foto foto kegiatan forest talk with bloggers yg diupload ke youtube oleh mas amril.  Pikiran saya menjadi kembali ke belakang. Mengingat kegiatan hari sabtu.   Mengenang kembali kegiatan blogger di almond zucchini jakarta selatan.

Masih teringat saya muter muter tiga kali mencari lokasi. Akhirnya ketemu juga setelah bertanya pada satpam di jalan brawijaya ix kebayoran baru jaksel.

Seneng.  Bisa ketemu kawan kawan blogger lagi.  Mas amril nampak sudah siap membawakan acara. Begitu juga dengan para nara sumbernya yang cantik dan pintar pula.

Saya keliling foto foto.  Kegiatan yg diadakan yayasan doktor sjahrir dan the vlimate realty project indonesia emang keren.

Baru dibuka aja sudah menarik.  Saya terkesima menonton video singkat sambutan ketua yayasan.  Istri almarhim doktor sjahrir memberikan sambutan lewat video.

Acara forest talk with blogger ini emang seru dan unik.  Semua pembicara wanita dan dipandu oleh blogger ternama daengbata.com.  

Bagi anda yang sudah malang melintang di dunia blogger pasti sudah tahu ketenaran nama blogger yang montok ini. Pernah jadi Vice presiden asean blogger.  Selain itu beliau adalah penasehat komunitas blogger bekasi.

Keempat pembicara yang cantik baru saya kenal.  Ada mbak amanda. Mbak Atiek.  Mbak Titi dan mbak Maryati. Gelar akademiknya sudah banyak yang doktor. Saya dibuat kagum dengan penampilan mereka.

Awal presentasi membuat saya berpikir. Saya sangat tertarik dengan sampah plastik.  Kebetulan setiap hari saya menangani kebersihan sekolah.

Mimpi saya adalah punya bank sampah.  Sekolah kami menjadi model dalam daur ulang sampah plastik.  Kepengen punya alat untuk potong plastik. Semoga bisa terwujud.

Saat mengajak kepala dinas pendidikan kupang nusa tenggara timur ke ancol,  kami diskusi tentang sampah plastik ini.  Pak kadis ingin sekali membangun sekolah model untuk daur ulang sampah.

Selain sampah plastik ada masalah lain yang tidak kalah penting. Pelestarian hutan jadi topik kita hari itu.

Amanda katili niode dari the climate realty project indonesia menyampaikan presentasinya.

Selamatkan bumi yang sekarat.  Air dan udara bersih harus ada dalam keseharian kita. Sebuah ajakan yang harus didukung.

Survey membuktikan bahwa perhatian perempuan terhadap lingkungan hidup lebih besar dibandingkan laki laki. Perubaham iklim yang ekstrim banyak jadi pembicaraan di dunia.

Dampak perubahan iklim terhadap perempuan adalah gagal panen, kekurangan bahan bakar dan kelangkaan air bersih. Bencana alam akan mengakibatkan banyak penyakit,  pemindahan penduduk dan terjadinya konflik.

Sistem global rentan iklim dapat menyebabkan instabilitas politik dan sosial.  Hal ini berdampak kepada ketersediaan pangan air,  kesehatan dan infrastruktur.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Mbak amanda memberikan pencerahan kepada blogger yang hadir.

Setiap tahun 1.000.000.000.000 kantong plastik sekali pakai digunakan di seluruh dunia. Juga industri gashion adalah salah satu pencemar terbesar. Solusinya adalah tanam dan pelihara pohon dari sekarang.

Konsumsi pangan lokal harus dikampanyekan.  Cara merubah pola makan dapat mengurangi pencemaran dan menjaga lingkungan. Hal ini akan menjaga dan menjadikan kit hemat dan sehat serta bugar.

Ajak anak anak bermain di taman dan hutan yang lestari. Dengan begitu mereka terbiasa dekat dengan alam. Kembali ke alam adalah jawaban tepat dalam mengatasi perubahan iklim yang ekstrim.

Sementara ini dulu yg saya tulis.  Nanti saya tuliskan point point penting yang disampaikan pembicara lainnya. Mata sudah tidak bisa diajak melek lagi.

Salam blogger persahabatan
Omjay
Blog http://wijayalabs.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *